by

Jelang Kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Sukoharjo Gelar Apel Siaga Pengawasan

Akuntabel.id, SUKOHARJO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo, menggelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 tingkat Kabupaten yang dipusatkan di Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo, Senin (27/11/2023).

Ketua Bawaslu Sukoharjo, Rochmad Basuki memimpin ikrar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 dalam kegiatan tersebut. Rochmad menegaskan kesiapan dalam pelaksanaan tahapan kampanye.

“Seluruh jajaran pengawas, pengawas Pemilu tingkat desa hingga kabupaten/kota merupakan ujung tombak dalam pengawasan pelaksanaan Pemilu. Pengawasan merupakan jalannya pesta demokrasi dapat berjalan dengan jujur, adil, langsung, umum, serta rahasia,” ucapnya.

Dalam arahannya Rochmad menyampaikan untuk selalu mengoptimalkan pencegahan dengan identifikasi permasalahan dan isu-isu tahapan kampanye, memetakan potensi kerawanan serta untuk selalu menjalin koordinasi dengan berbagai stakeholder.

Ia juga berpesan agar jajaran pengawasan untuk selalu melakukan konsolidasi dan terus membangun komunikasi dengan berbagai pihak. Lebih lanjut Rochmad mengapresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo , Kejaksaan Negeri Sukoharjo, Komandan Distrik Militer 0726 Sukoharjo, Ketua Pengadilan Negeri Sukoharjo Kepolisian Resor Sukoharjo atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan selama ini.

Sementara Bupati Kabupaten Sukoharjo, Etik Suryani dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun 2024 ini adalah pemilu pertama di Indonesia yang menggelar Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden juga Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Etik juga mengapresiasi Bawaslu Sukoharjo yang telah menggelar Apel Siaga dalam rangka kesiapan dalam rangka pengawasan tahapan Kampanye.

“Tujuan Apel Siaga ini adalah bagian dari komitmen bersama dalam mewujudkan pemilu yang jurdil, bermartabat dan berintegritas sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan peraturan yang berlaku,” katanya.

Ia juga berharap agar jajaran Pengawas dari semua tingkatan agar melakukan pencegahan untuk menekan potensi yang dapat menimbulkan pelanggaran di setiap tahapan.

“Kepada seluruh tokoh masyarakat untuk bersatu padu guna mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang dan untuk menghindari tindakan yang dapat menimbulkan provokasi, Fitnah dan Sara,” tegas Etik.

Adapun rangkaian acara Apel Siaga pengawasan turut dihadiri seluruh Forum Komuniasi Pimpinan Daerah, Pengawas Pemilu Kecamatan, Pengawas Desa/Kelurahan. Dalam kegiatan tersebut disuguhkan tarian tradisional yakni Tari Bawaslu Tumadang dari Komunitas Kembang Setaman Sukoharjo

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru