by

Jelang Libur Nataru, KGPAA Mangkunegara X Gelar Pertemuan dengan Gibran

Akuntabel.id, SOLO – Menghadapi libur Natal 2023 dan Tahun 2024, Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah siap menghadapi lonjakan pengunjung saat libur panjang akhir tahun 2023 nanti. Hal tersebut disampaikan KGPAA Mangkunegara X usai menemui Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (28/11/23).

Melihat tahun-tahun sebelumnya, jumlah pengunjung Pura Mangkunegaran setiap harinya selama libur akhir tahun mencapai 1.000 orang. Jumlah ini meningkat signifikan jika dibandingkan dengan hari-hari biasa sekitar 300 orang. Sehingga pihaknya memperkirakan terjadi kenaikan jumlah pengunjung hingga 300 persen pada momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mendatang.

“Ini mau persiapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kan akan ramai. Jadi kami update, persiapan seperti apa, flow seperti apa. Supaya enak untuk semua,” katanya.

Pihaknya juga menyiapkan program khusus selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, yakni turis yang datang tidak hanya menikmati suasana di Pura Mangkunegaran tetapi harapannya bisa menjadi bagian dari kebudayaan juga.

“Jadi bisa belajar, bisa ikut tari,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya tidak menargetkan angka khusus pada kunjungan tersebut, bukan target tapi bagaimana bisa memberikan yang terbaik untuk pengunjung yang datang. Siap-siap internal saja.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan dilakukannya koordinasi dengan tempat wisata lain, dan itu salah satu yang mau didiskusikan.

“Apalagi Solo kan banyak destinasi baru, ada Pracima Tuin, Solo Safari, Masjid Zayed. Bagaimana sinergi makin kuat. Terkait juga dengan sisi transportasi, KAI. Harapannya Natal dan tahun baru bisa hidup, Solo makin ramai, semua happy,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru