by

Pembekalan Linmas, Gibran Titip Keamanan Pemilu 2024 di Kota Solo

Akuntabel.id, SOLO – Ratusan Linmas di Kota Solo mendapat pembekalan jelang Pemilu 2024 di Aula Warastrama Surakarta, Senin (12/2/2024). Mereka nantinya bakal bertugas di 1.773 TPS.
Saat memberikan sambutan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, menitipkan keamanan Pemilu 2024.
“Titip keamanan di Kota Solo, titip tanggal 14 Febuari nanti biar semua aman lancar berjalan dengan baik,” ucap Gibran.
Gibran juga berpesan kepada ratusan Linmas jika nantinya terjadi hal-hal yang sifatnya mengganggu, agar berkoordinasi dengan Kapolresta Solo Kombes Iwan Saktiadi dan Dandim/0735 Letnan Inf Eko Hardianto.
“Kita prioritas sekarang keamanan dan kenyaman warga di tanggal 14 Feburari nanti,” ujar Gibran.
Menurutnya, dalam hal kontestasi khususnya di Pemilu 2024 ini, menang kalah adalah hal yang biasa.
“Pokoknya siapapun pilihannya, siapapun yang menang dan kalah, keamanan jadi hal paling prioritas di Kota Solo. Kita lanjut lagi bangun Kota Solo. Tidak disibukan dengan dinamika-dinamika pencapresan seperti itu,” tandas Gibran.
Sementara itu, Kombes Iwan Saktiadi menyebut, dalam komposisinya, masing-masing TPS terdapat 14 personil. Sehingga menjadi pertimbangan TNI dan Polri untuk membekali Linmas dengan hal-hal yang sekiranya nanti akan menjadi tugas dan kewajiban mereka di TPS.
“Ya tentunya sekali lagi inisiasi kegiatan ini Pak Dandim dan saya sengaja mengumpulkan linmas. Kenapa, karena Linmas merupakan kekuatan besar yang nanti akan ada di TPS selain TNI dan Polri,” ucap Iwan.
Selain itu, juga menyikapi perkembangan situasi jika memang ada fluktuasi. Karena seperti diketahui, salah satu TPS di Kota Solo menjadi lokasi pencoblosan Cawapres Gibran Rakabuming beserta istri, Selvi Ananda.
“Mengantisipasi jika terjadi gangguan-gangguan, sebagai contoh mungkin ada yang sengaja mengganggu pelaksanaan di lapangan tentunya hal-hal yang sifatnya bisa dilakukan pencegahan awal nanti Linmas akan turun tangan jika eskalasinya meningkat tentunya kami TNI dan Polri yang akan menindaklanjuti,” ujarnya.
Menurutnya, ratusan Linmas nantinya bakal mengawal dari tahap pendistribusian surat suara di TPS hingga penghitungan suara.
“Melalui konsolidasi ini harapan kami bahwa Linmas mampu bekerja dengan baik dan bisa bekerja sama dengan kami nanti di lapangan,” harap Iwan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. I do agree with all of the ideas you’ve presented for your post.
    They’re really convincing and can definitely work. Still, the
    posts are very quick for newbies. Could you please
    extend them a little from subsequent time? Thanks for the post.

Berita Terbaru