by

Raup Suara Lebih dari Target, Ojol Asal Solo Lolos Anggota DPRD

Akuntabel.id, SOLO – Seorang driver ojek online (ojol) Maxim, Mukti Junianto, warga Pucang Sawit RT 01/RW 14, Jebres, terpilih menjadi anggota DPRD Kota Solo di Pemilu 2024. Mukti maju di daerah pemilihan (Dapil) 5 Jabres lewat Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Caleg nomor urut 1 itu berhasil meraup 2.058 suara. Sedangkan untuk suara partai dapat 10.070 suara.

“Saya juga tidak menyangka dapat suara segitu, padahal targetnya itu sekitar 1.700 suara. Ternyata tembus 2.058 suara, alhamdulillah,” terang dia saat ditemui, Kamis (7/3/2024).

Diakui Mukti, sebelum aktif masuk PSI, ia aktif sebagai relawan Jokowi Pro Jokowi (Projo) sejak 2019.

“Gabung PSI itu tahun 2019 lalu secara online,” bebernya.

Mukti menjadi driver ojol sudah cukup lama, yakni sekitar tahun 2018. Selain itu juga bekerja di ATMI selama 14 tahun.

Setelah bergabung di PSI, Mukti pun resign dari ATMI. Ia mengaku akan fokus di politik hingga akhirnya lolos jadi anggota DPRD.

“Satu tahun lalu saya resign dari ATMI, karena ingin fokus di partai. Apalagi tahun 2023 daftar maju caleg untuk Pemilu 2024, dan di ATMI saya sering izin hingga akhirnya resign meski sempat disayangkan keluarga,” ungkapnya.

Selama masuk masa kampanye, aktivitas sebagai driver ojol pun berhenti total.

“Pas kampanye berhenti fokus kampanye turun ke masyarakat blusukan. Itu hampir tiap hari dari pagi sampai malam, istilahnya silahturahmi,” ujarnya.

Bahkan ia mengaku juga harus menggadaikan sejumlah aset pribadinya untuk biaya kampanye. Pengorbanannya pun tidak sia-sia, karena akhirnya berhasil mewujudkan keinginannya untuk duduk di kursi legislatif.

“Pokoknya saya nothing to lose. Gas terus pokoknya,” ucapnya.

Setelah Pemilu selesai, ia berencana akan aktif lagi sebagai driver ojol. Hal tersebut ia lakukan sembari menunggu penetapan dan pelantikan sebagai anggota DPRD.

“Rencana mau aktif lagi. Ya, waktu-waktu dekat ini,” tandasnya.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 comments

Berita Terbaru