by

Berawal Satu Siswa, Klaster Covid-19 Muncul di SMAN 1 Sidoharjo

Akuntabel.id, WONOGIRI – Usai menjalani rapid test antigen, sejumlah murid dan guru di SMA Negeri 1 Sidoharjo dinyatakan terpapar Covid-19. Masing – masing empat siswa dan satu guru.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jawa Tengah Sunarno mengatakan, semula terdapat satu siswa yang bergejala mengarah Covid-19. Setelah menjalani test antigen, siswa tersebut dinyatakan positif terpapar virus corona.

Mengetahui hal tersebut, pihak sekolah langsung berkoordinasi dengan puskesmas setempat. Tracing pun dilakukan di satu kelas siswa dan semua guru. Hasilnya, ditemukan tambahan tiga siswa dan satu guru yang terpapar Covid-19.

“Sekolah itu langsung PJJ pekan ini,” katanya, Kamis (10/2/2022).

Sebelum ditemukan kasus Covid-19 di SMA Negeri 1 Ngadirojo, kasus serupa juga terjadi di SMK Negeri 2 Wonogiri, SMA Negeri 2 Wonogiri, SMA Negeri 1 Wonogiri, dan SMK Negeri 1 Pracimantoro. Sejumlah langkah pun diambil untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona termasuk dengan tracing yang dilakukan.

Dia memastikan, tidak ada tambahan kasus corona di sekolah yang sebelumnya ada temuan kasus Covid-19. Untuk sekolah yang tidak ditemukan kasus Covid-19, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bisa digelar dengan protokol kesehatan ketat. Untuk PTM terbatas di SMA Negeri 1 Wonogiri dan SMK Negeri 2 Wonogiri, kemungkinan bisa digelar di pekan depan.

Terpisah, Kepala SMA Negeri 1 Wonogiri Endang Sunarsih mengatakan sejumlah persiapan telah dilakukan dengan adanya potensi PTM terbatas bisa kembali digelar di sekolah tersebut. Salah satunya fokus ke kebersihan dan kehigienisan lingkungan sekolah dengan penyemptotan disinfektan dan penerapan prokes secara ketat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru