by

Karasidenan Surakarta Masuk Rencana Pemekaran Provinsi, Gibran Minta Tunggu Kepastian

Akuntabel.id, SOLO – Sebuah unggahan viral di TikTok menyebutkan adanya provinsi-provinsi baru di Indonesia. Totalnya ada 9 provinsi baru di Pulau Jawa. Wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur masuk dalam rencana pemekaran provinsi tersebut.

Di Jawa Tengah, Karasidenan Surakarta masuk dalam rencana pemekaran provinsi tersebut. Pemekaran provinsi itu disebut Daerah Istimewa Surakarta.

Ada 7 Kabupaten dan Kota yang masuk dalam Daerah Istimewa Surakarta, yakni Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kabupaten Klaten, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Wonogiri.

Kota Solo ditunjuk sebagai ibukota dari Daerah Istimewa Surakarta. Menanggapi hal itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka belum banyak berkomentar.

“Ditunggu dulu saja kepastiannya. Itu belum pasti,” katanya belum lama ini.

Selain Daerah Istimewa Surakarta, di Jawa Tengah Provinsi baru yakni Jawa Utara meliputi wilayah di eks Pati, meliputi Jepara, Kudus, Grobogan, Pati, Rembang, dan Blora, yang beribukota di Kudus. Kemudian Provinsi Banyumasan meliputi Kabupaten Purwokerta, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Kebumen.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru