by

Longsor di Kismantoro, Dinding Rumah Warga Jebol

Akuntabel.id, WONOGIRI – Hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Kismantoro pada Minggu (13/2/2022) malam mengakibatkan tanah longsor di dua titik di wilayah itu. Penanganan pun sudah dilakukan oleh tim gabungan.

“Minggu malam hujannya deras dan lama. Ada longsor yang sempat menutup badan jalan. Ada juga dinding rumah warga yang terdampak tanah longsor,” terang Camat Kismantoro Andika Krisnayana Senin (14/2/2022).

Dia menjelaskan, tanah longsor sempat menutup badan jalan di Dusun Jaten RT 01 RW 06 Desa Ngroto. Kejadian itu diperkirakan terjadi pada pukul 21.00. Menurut Camat, hujan deras yang terjadi lebih dari tiga jam itu yang menyebabkan tanah bergerak dan longsor menimpa badan jalan.

Andika memastikan, tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Material longsor yang menutup akses jalan pun langsung dibersihkan pada Senin pagi. Warga bersama relawan bahu membahu membersihkan jalan itu sehingga sudah bisa dilalui.

Selain itu, tanah longsor juga terjadi di Lingkungan Ploso RT 02 RW 08 Kelurahan Kismantoro. Dinding rumah milik Semo yang terbuat dari bambu terkena longsoran tanah. Andika menuturkan, kejadian itu terjadi antara pukul 21.00-23.00.

“Penyebabnya sama. Hujannya saat itu kan deras dan lama,” kata Camat.

Andika menuturkan, penanganan longsor pun sudah dilakukan. Termasuk juga penyaluran dukungan logistik ke lokasi tersebut. Penanganan melibatkan sejumlah unsur, baik relawan, warga setempat dan juga Forkompimcam. Termasuk dari Polsek setempat.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasubsi Penmas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono mengatakan anggota dari Polsek Kismantoro juga turun untuk ikut melakukan penanganan.

“Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Kerugian materiil ditaksir sebesar Rp 3 juta,” tandas Iwan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru