by

Bakar Sampah, Lahan Warga Bulu Habis Dilalap Si Jago Merah

Akuntabel.id, SUKOHARJO – Musim kemarau saat ini kebakaran kerap melanda di sejumlah daerah. Di Sukoharjo sendiri, lima hektar lahan milik warga yang berada di kawasan hutan wilayah Kecamatan Bulu, dilalap si jago merah, Kamis (31/9/2023). Peristiwa ini diakibatkan dari kebiasaan warga membakar sampah.

Kepala pelaksana BPBD Sukoharjo, Ariyanto, mengatakan, lahan milik warga tersebut tepatnya berada di kawasan hutan di alas Gentan Dukuh Payaman RT 1/RW 1 dan RT 2/RW 2 Desa gentan, Kecamatan Bulu, Sukoharjo.
“Sudah kita lakukan pemadaman secara manual dan dibantu dari Damkar,” kata Ariyanto, Jum’at (1/9/2023).
Dia menjelaskan, semula pada siang hari, warga sekitar melihat api sudah berkobar di kawasan hutan. Warga sudah berusaha melokalisir api supaya tidak merembet lebih luas.
“Api sebagian di alas Gentan sudah terkendali. Tapi karena angin, tumpukan daun dan ranting kering yang banyak, sehungga mengakibatkan api membesar,” jelasnya.
Sekitar pukul 18.30 WIB, BPBD mendapat laporan dari perangkat desa. Menyusul laporan tersebut, BPBD, Bhabinsa, Bhabinkamtimas serta perangkat desa mengarahkan warga untuk melokalisir api agar tidak merembet ke pemukiman warga.
“Karena api mengenai rumpun bambu kering membuat api membesar. Pukul 20.00 WIB satu armada dan satu tangki pemadam kebakaran di kerahkan untuk proses pemadaman dan pendinginan bara api. Api berhasil di padamkan pukul 22.00 WIB,” terangnya.
Menurut Ariyanto, peristiwa tersebut bermula dari kebiasaan warga yang membakar sampah namun tidak ditunggui hingga tuntas. Sehingga tidak disadari, masih muncul bara api.
“Dalam aturan, mereka telah melanggar Perda 16 tahun 2011 tentang pengelolaan sampah,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru