by

Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Kapolres dan Dandim Sukoharjo Terjun Langsung Berpatroli Ajak Warga Wapada Karhutla

Sukoharjo – Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit, bersama Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Czi. Slamet Riyadi, melaksanakan patroli di sejumlah wilayah yang sering terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kamis (31/8/2023).

Patroli tersebut digelar sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan akibat kemarau yang berkepanjangan.

Dalam patrolinya kali ini, Polres dan Kodim Sukoharjo mendatangi sejumlah wilayah di Kecamatan Bulu dan Kecamatan Tawangsari.

Kapolres AKBP Sigit mengatakan, patroli ini digelar dalam rangka mencegah terjadinya karhutla yang dapat menyebabkan kerugian dibanyak hal.

Pada kesempatan itu, Kapolres dan Dandim Sukoharjo berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk memberikan imbauan supaya waspada akan bencana karhutla.

“Musim kemarau saat ini cukup ekstrim, sehingga rawan terjadi kebakaran. Oleh karena itu, kami mengimbau warga masyarakat untuk waspada akan terjadinya karhutla,” ungkapnya.

“Salah satu antisipasi pencegahan karhutla yakni tidak sembarangan membakar sampah di lahan kering ataupun membuang puntung rokok sembarangan,” imbuhnya.

Menurut AKBP Sigit, kegiatan imbauan ini merupakan upaya Kepolisian untuk pencegahan karhutla. “Semoga dengan upaya ini dapat mencegah atau mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang merugikan,” harapnya.

Hal senada disampaikan Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Czi. Slamet Riyadi. Ia mengungkapkan bahwa patrol ini sebagai upaya pencegahan terjadinya karhutla di Kabupaten Sukoharjo akibat kemarau yang berkepanjangan.

Dandim juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan kering yang dapat menyebabkan karhutla. Ia juga mengimbau masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan kering untuk dijadikan pupuk yang lebih bermanfaat, daripada dibakar yang dapat membahayakan.

“Tanaman kering yang ada dilahan kering tersebut akan lebih bermanfaat jika dipotong dan dijadikan pupuk, daripada hanya dibakar yang dapat membahayakan lingkungan,” ujarnya.

Pada saat patrol tersbut, Kapolres dan Dandim juga terjun langsung dalam memadamkan api yang membakar lahan milik warga di Desa Kunden, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru