by

Di Momen Jumat Curhat, Warga Jepara Minta Petugas Tindak Tegas Balapan Liar

Jepara – Polres Jepara | Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyatakan siap menindak tegas pelaku balap liar dan merazia motor yang memasang knalpot brong di wilayah Kabupaten Jepara.

Hal ini diungkapkan Kapolres Jepara saat merespon pertanyaan dari salah satu jamaah salat Jumat dalam acara Jumat Curhat bertempat di Masjid Al Istiqomah Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jumat (7/6/2024).

“Sudah ratusan kendaraan terutama motor roda 2 yang telah kami amankan di Mapolres Jepara dari pelaku balap liar hingga yang memasang knalpot brong di beberapa wilayah termasuk dari Jalan Raya Rengging – Ngabul,” tutur AKBP Wahyu.

Untuk mengatasi balap liar tersebut, pihaknya telah mengatur sedemikian rupa melalui patroli Kamtibmas untuk menjaga situasi kamtibmas selalu kondusif.

“Untuk pencegahan adanya aksi kebut-kebutan dan balap liar, Polres Jepara dan Polsek jajaran rutin melaksanakan patroli untuk mencegahnya, namun kepada masyarakat yang mengetahui adanya aksi balap liar segera melaporkan melalui nomor telepon Call Center Polri 110 dan WhatsApp Siraju Polres Jepara di nomor 08112894040 agar aksi balap liar tersebut dapat dicegah secepatnya,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan, “Apalagi saat ini Polres Jepara telah memiliki tim reaksi cepat dan tanggap yang diberi nama Tim Patroli Siraju atau Polisi Jepara Juara,” katanya.

Tim ini berpatroli secara rutin menyisir wilayah hukum Polres Jepara. Sasarannya kejahatan jalanan seperti aksi balap liar, begal, pencurian kendaraan bermotor, dan jambret hingga gangguan Kamtibmas yang lainnya.

“Tim ini berpatroli baik siang maupun malam hari. Tim sudah saya lengkapi dengan senjata api jadi setiap ancaman kejahatan pasti akan bisa di atasi dengan cepat,” tutur Kapolres Jepara.

“Tim ini juga ada program latihan bela diri, latihan fisik dan pengetahuan wawasan. Jadi bukan asal bentuk tim ini tapi sudah dibekali dengan bela diri, pembinaan fisik dan wawasan hukum,” jelasnya.

“Untuk langkah pencegahan lainnya, kami juga akan menggencarkan imbauan kamtibmas dengan mengedepankan fungsi Bhabinkamtibmas maupun Polisi RW yang ada di jajaran Polsek maupun Polres Jepara,” ucapnya.

Disisi lain, Kapolres Jepara juga meminta kepada orang tua untuk berperan aktif ikut mengawasi anak-anaknya.

“Maraknya balap liar umumnya banyak dilakukan oleh anak remaja dan anak sekolah pada jam malam di jalan sepi, sehingga diharapkan seluruh masyarakat ikut membantu upaya-upaya pencegahan dengan menunjukkan kepeduliannya terhadap gangguan kegiatan balap liar ini, saling peduli, saling mengingatkan sesama warga sekitar, dan mengingatkan para orang tua agar lebih peduli lagi tentang keberadaan dan kegiatan anak-anaknya bila berada diluar rumah,” imbuh AKBP Wahyu.

“Mari sama-sama saling bahu-membahu berupaya mencegah terjadinya gangguan kamtibmas maupun kecelakaan lalu lintas diwilayah Kabupaten Jepara, yang dapat menimpa warga lain ataupun pengendara itu sendiri, yang dapat berakibat kerugian materiil, luka-luka, luka berat, bahkan meninggal dunia,” harap Kapolres Jepara.

Selanjutnya, menjelang pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang, Kapolres juga berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya Kecamatan Tahunan untuk tetap menjaga persatuan dan kerukunan antar warga.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat, walaupun nantinya berbeda pilihan, jangan sampai hal tersebut menjadi polemik yang dapat memecah belah persaudaraan. Tetap kita hidup guyup rukun dan terus jaga kerukunan antar warga,” katanya.

Pihaknya berharap pelaksanaan Pilkada diwilayah Kabupaten Jepara dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar seperti Pemilu sebelumnya.

Disamping itu, orang nomer satu di Polres Jepara ini menegaskan, bahwa kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan pihaknya tersebut selaras dengan arahan dari Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

“Arahan dari bapak Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di antaranya agar kegiatan kemasyarakatan dalam pelayanan kepolisian dan komunikasi interaksi ke masyarakat agar terus dilaksanakan dan ditingkatkan,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat (Tomas) Desa Tahunan sekaligus Ketua Takmir Masjid Al Istiqomah Eko Sudarmaji yang turut hadir dalam kegiatan Jumat Curhat tersebut mengapresiasi Polres Jepara. Menurutnya, kegiatan Jumat Curhat itu sangat bermanfaat.

“Kami berharap kegiatan ini terus ditingkatkan, karena sangat positif bagi masyarakat, terima kasih kepada Bapak Kapolda Jateng dan Polres Jepara,” tandasnya.

Sekadar informasi, program Jumat Curhat merupakan kegiatan rutin Presisi Polri yang digelar oleh Polres Jepara setiap jelang akhir pekan dengan lokasi dan peserta yang berbeda-beda.

Kegiatan ini penjabaran dari arahan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk jajarannya agar dapat menyerap berbagai aspirasi publik terkait pelayanan kepolisian, sekaligus salah satu wujud hadirnya anggota Polri di tengah-tengah masyarakat.

(hms)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru