by

Doktor Vokasi Minim, Universitas IPWIJA Tawarkan Program SMA Langsung Doktor

Akuntabel.id, SOLO – Pakar pendidikan sekaligus pendiri Universitas Institut Pengembangan Wiraswasta Indonesia Jakarta (IPWIJA), Bambang Tri Cahyono menyebut keberadaan doktor vokasi atau terapan di Indonesia masih minim. Doktor vokasi merupakan doktor berbasis bukan pada ilmu tapi pada industri.

“Ada doktor pariwisata, doktor keperawatan, doktor manajemen bisnis, doktor pendidikan, dan doktor pembangunan sosial. Dan semua doktor tersebut sebetulnya berbasis pada kompetensi bukan pada ilmu. Doktor terapan itulah yang jumlahnya masih sedikit di Indonesia,” ucapnya, Selasa (28/2/2024).

Menurut Bambang, kondisi tersebut menjadi peluang tersendiri di dunia pendidikan. Untuk itu, ia membuka Program SMA Langsung Doktor. Dimana program tersebut merupakan inisiatif revolusioner dalam dunia pendidikan yang bertujuan meningkatkan kualitas dan jumlah doktor di Indonesia.

“Program yang ditawarkan berupa program pendidikan akademik dan vokasional yang dirancang secara linear dari S1 sampai S3 di bidang manajemen, administrasi bisnis, keperawatan, pendidikan, kepariwisataan, dan pembangunan sosial,” terangnya.

Dia menjelaskan, program tersebut dibuka kerja sama antara Universitas IPWIJA dan PWU Filipina. Sedangkan pemasaran dilaksanakan oleh PT Pelatihan dan Sertifikasi Indonesia.

“Perguruan tinggi yang digandeng dalam kerja sama itu merupakan  program itu terselenggara melalui kerja lembaga pendidikan yang terakreditasi minimal sangat baik atau disetarakan Dikti untuk universitas luar negeri,” imbuh Direktur PT Pelatihan dan Sertifikasi Indonesia Bimo Wahyu Widodo.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru