by

Gencar Tertib Knalpot Brong, Masyarakat Dukung Polres Klaten

Klaten – Polres Klaten terus mengintensifkan sosialisasi pencegahan penggunaan knalpot brong pada sepeda motor.

Seperti yang dilakukan pada pekan ini sebanyak dua kali pada Kamis (4/1) dan Sabtu (6/1) di wilayah Desa Demak Ijo dan Kota Klaten.

Menariknya, sosialisasi yang dilakukan oleh kepolisian tidak hanya menyasar pengendara kendaraan saja.

Tetapi juga mendatangi bengkel hingga pengunjung pasar tradisional dengan cara membagikan brosur yang berisikan sejumlah himbauan.

Kepolisian juga memberikan penjelasan secara langsung kepada pemilik bengkel agar tak melayani pemasangan knalpot brong.

Termasuk memberikan pemahaman terkait dampak negatif dari penggunaannya. Salah satunya suara bising yang membuat masyarakat resah sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan.

“Ini salah satu upaya preventif kami untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas. Sekaligus upaya menjaga kondusifitas kamtibmas pada Pemilu 2024. Harapan kami masyarakat bisa membantu dalam upaya menekan dan meminimalisir terkait knalpot brong,” jelas Kapolres Klaten AKBP Warsono, Sabtu (6/1).

Lebih lanjut, Warsono menjelaskan, pencegahan penggunaan knalpot brong juga dilakukan dengan mengerahkan personel gabungan di wilayah perkotaan.

Menurutnya, pencegahan menjadi prioritas utama Polres Klaten dalam beberapa waktu ke depan. Mengingat banyaknya keluhan masyarakat menjadi dasar kepolisian dalam tindakan tersebut.

“Dampak penggunaan knalpot brong bisa luas. Selain menganggu kenyamanan juga bisa menimbulkan gesekan di masyarakat. Ini yang ingin kita hindari,” tambah Warsono.

Kasi Humas Polres Klaten AKP Abdillah menjelaskan, Polres Klaten juga melaksanakan sosialisasi pencegahan penggunaan knalpot brong di sejumlah sekolah di Klaten. Termasuk ke komunitas motor dan juga kelompok masyarakat lainnya di Kota Bersinar.

“Bagi orang tua agar anaknya diingatkan, jangan sampai memasang knalpot brong. Begitu juga para tokoh atau yang dituakan dalam suatu komunitas agar mengingatkan anggotanya,” jelas Abdillah.

Lebih lanjut, Abdillah mengharapkan agar masyarakat mendukung dan berperan dalam upaya pencegahan knalpot brong.

Sinergi positif diharapkan bisa memaksimalkan upaya pencegahan sehingga Klaten bisa bebas dari knalpot brong.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru