by

HUT Kemerdekaan RI, UNS Kukuhkan Lima Guru Besar Baru

Akuntabel.id, SOLO – Bertepatan pada Bulan Kemerdekaan, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengukuhkan lima Guru Besar Baru. Pengukuhan kelima Guru Besar baru tersebut akan dilaksanakan di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Selasa (29/8/2023).

Kelima Guru Besar tersebut yaitu Prof. Dominicus Danardono Dwi Prija Tjahjana, yang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Energi Angin pada Fakultas Teknik (FT). Prof. Dominicus Danardono Dwi Prija Tjahjana merupakan Guru Besar ke-268 UNS dan ke-23 FT dengan pidato inaugurasi berjudul “Energi Angin di Perkotaan: Menyongsong Masa Depan Berkelanjutan.”.

Kedua Prof. Dr. Susilaningsih, dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan Kewirausahaan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Prof. Dr. Susilaningsih, merupakan Guru Besar ke-269 UNS dan ke-69 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul “Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi: Membangun Entrepreneurial Mindset Untuk Semua Profesi”.

Ketiga, Prof. Dr. Ir. Mujiyo, yang dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Pedologi dan Survei Tanah pada Fakultas Pertanian (FP). Prof. Dr. Ir. Mujiyo, merupakan Guru Besar ke-270 UNS dan ke-40 FP dengan pidato inaugurasi berjudul “Peranan Pedologi dan Survei Tanah Dalam Penilaian Kinerja Tanah dan Lahan Pertanian”.

Lalu keempat, Prof. Dr. Istijabatul Aliyah, yang dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Perencanaan Wilayah Kota pada FT. Prof. Dr. Istijabatul Aliyah, merupakan Guru Besar ke-271 UNS dan ke-24 FT dengan pidato inaugurasi berjudul “Urban Resilience Strategy: Diversifikasi Layanan Sebagai Teknik Kebertahanan Pasar Tradisional di Pusat Kota”.

Dan Kelima, Prof. Dr. dr. Ida Nurwati, dikukuhkan dalam bidang Ilmu Akupunktur Medik pada Fakultas Kedokteran (FK). Prof. Dr. dr. Ida Nurwati, M.Kes., Sp.Ak. merupakan Guru Besar ke-272 UNS dan ke-47 FK dengan pidato inaugurasi berjudul “Peran Akupunktur Medik pada Pembangunan Kesehatan: Suatu Refleksi dan Tantangan ke Depan.

Sekretaris Senat Akademik (SA) UNS, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, mengatakan, dengan penambahan lima Guru Besar baru tersebut semakin penguatkan UNS menuju World Class University (WCU).

“Alhamdulillah di bulan kemerdekaan ini, UNS menambah lima Guru Besar baru dari berbagai fakultas yaitu FT, FKIP, FP dan FK. Semoga dapat memotivasi dosen-dosen lain untuk segera menjadi Guru Besar. Saya senang dan bangga dengan bertambahnya lima Guru Besar baru, semoga mampu meningkatnya mutu UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkelas dunia,” kata Prof. Ari.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru