by

Kampanye Terbuka Dimulai, Kapolres Jepara Cek Kesiapan Personel dan Perlengkapannya

Polres Jepara – Polda Jateng – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Jepara gencar mempersiapkan langkah-langkah pengamanan. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah menggelar apel gelar pasukan yang di laksanakan di Lapangan Apel Mapolres Jepara, sebagai persiapan tahap kampanye dan rapat umum, Minggu (21/1/2024).

Apel gelar pasukan ini dihadiri seluruh anggota Polres Jepara dan dipimpin langsung Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kesiapan personel dalam mengamankan setiap tahapan Pemilu, khususnya kampanye dan rapat umum.

Dalam sambutannya, Kapolres Jepara mengatakan, pengecekan personel plus peralatannya sangat penting. Terutama untuk mengoptimalkan kesiapan personel dalam mengamankan setiap tahapan Pemilu, khususnya kampanye dan rapat umum.

“Karena mulai hari ini, tanggal 21 Januari hingga 10 Februari 2024, kita sudah memasuki tahapan kampanye terbuka dan sebentar lagi juga pencoblosan yang kurang beberapa minggu lagi. Maka dari itu saya cek kelengkapan personel dan peralatannya langsung,” ujarnya.

Perihal personel, AKBP Wahyu menegaskan ada ratusan anggota yang diterjunkan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024 di Kabupaten Jepara.

Para polisi tersebut berjaga di banyak tempat. Mulai dari TPS (tempat pemungutan suara), KPU (komisi pemilihan umum) dan gudangnya, hingga tempat strategis lainnya.

“Sudah pasti TPS dan KPU serta Bawaslu yang menjadi prioritas pengamanan. Tapi yang lain tetap menjadi pantauan kami,” terangnya.

Untuk peralatannya, Kapolres menegaskan, bahwa para personel sudah pasti dibekali peralatan seperti jas hujan, borgol, tongkat Polri dan juga peralatan personel lainnya. Hal itu menjadi bagian dari protap Kepolisian dengan tujuan memastikan semuanya baik-baik saja.

Selain peralatan, nantinya sebelum pelaksanaan pengamanan pencoblosan di TPS untuk seluruh anggota juga akan kita lakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu guna memastikan anggota benar-benar dalam keadaan sehat sehingga siap untuk melaksanakan tugas pengamanan di TPS.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pengamanan yang maksimal selama tahapan Pemilu. Melalui apel pengecekan peralatan perseorangan ini, diharapkan anggota semakin siap dan tanggap dalam mengantisipasi potensi gangguan keamanan selama proses kampanye dan rapat umum,” terangnya.

Secara terpisah, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami mengatakan, bahwa Polres Jepara telah siap melakukan pengamanan Pemilu 2024 di Kabupaten Jepara.

Ipda Puji juga memastikan akan melakukan pengawalan, utamanya saat gelaran kampanye terbuka yang digelar mulai tanggal 21 Januari hingga 10 Februari 2024.

Selain itu, sebagai langkah antisipasi terjadinya gesekan antar masyarakat, lulusan SIP Angkatan 51 ini menuturkan, Polres Jepara telah menggelar forum silaturahmi dengan para tokoh agama, masyarakat hingga tokoh pemuda untuk menjaga kondusifitas jelang Pemilu 2024, terlebih saat memasuki gelaran kampanye terbuka.

Dia juga memastikan knalpot brong dilarang digunakan. Lantaran knalpot brong bisa menyulut emosi sesaat.

“Kemudian terkait larangan penggunaan knalpot Brong, dimana Polres Jepara sudah melakukan upaya pencegahan seperti memberikan edukasi ke siswa sekolah, tempat keramaian, karyawan pabrik, toko sparepart sepeda motor, komunitas, hingga ke pemilik bengkel sepeda motor agar tidak menggunakan knalpot brong. Selain itu, Polres Jepara bersama stake holder terkait lainnya telah menggelar deklarasi Jateng Zero Knalpot Brong yang melibatkan semua lapisan elemen masyarakat,” ujarnya.

Ipda Puji juga mengimbau kepada masyarakat untuk memahami penyelenggaraan pemilu yang hanya satu hari ini, menentukan masa depan bangsa Indonesia. Tentu masyarakat diharapkan saling menghargai dan menghormati pilihan masing-masing.

“Meskipun berbeda suku, ras, agama, dan pilihan, pada dasarnya kita semua bersaudara. Mari saling menghargai dan menghormati, serta menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ajak Ipda Puji.

Perlu diketahui, kampanye akbar atau kerap disebut kampanye rapat umum, untuk Pemilu 2024 akan digelar dari 21 Januari sampai 10 Februari 2024.

(hms)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru