by

KPU Surakarta Terima Pengganti Surat Suara Rusak

Akuntabel.id, SOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta menerima logistik pengganti surat suara Pemilu 2024 yang rusak, Senin (29/1/2024). Secara total, surat suara rusak sebanyak 26.177 lembar.

Ketua KPU Kota Surakarta, Bambang Christanto, mengatakan, logistik surat suara yang rusak telah diganti KPU RI.

“Berkaitan dengan jenis logistik surat suara yang rusak, hari ini tiba kekurangan atau hasil sortir kemarin yang tidak layak digunakan, seperti sobek, tinta melebar, atau logo parpol yang tidak kelihatan,” katanya.

Dia menyebut, jenis logistik Pemilu 2024 yang tiba di KPU Surakarta terdiri dari surat suara DPR RI Dapil Jateng 5 sebanyak 3.881 lembar, surat suara DPRD Provinsi 4.449 lembar, surat suara DPRD Kota Dapil 1 sebanyak 517 lembar, surat suara DPRD Kota Dapil 2 sebanyak 1.903 lembar, surat suara DPRD Dapil 4 sebanyak 217 lembar, dan surat suara Dapil 5 sebanyak 138 lembar.

“Teknisnya nanti setelah dapat gantinya akan dilakukan penyortiran dan pelipatan untuk memenuhi yang rusak kemarin,” ujarnya.

Sementara hingga saat ini, KPU Surakarta masih menunggu kekurangan surat suara DPD dan surat suara Presiden dan Wakil Presiden.

“Secara umum semua logistik sudah semua, tinggal surat suara DPD dan Presiden Wakil Presiden. Untuk yang kurang kita masih menunggu kabar dari provinsi karena yang ngirim RI,” terangnya.

Sementara itu, dari hasil penyortiran untuk surat suara pilpres ada 5.190 lembar yang rusak, sementara untuk surat suara DPD ada 9871 lembar. Kemudian surat suara DPR RI 3.881 lembar dan untuk surat DPRD provinsi ada 4.449 lembar yang tidak layak.

Sedangkan untuk surat suara DPRD Kota Solo untuk Dapil 1 Serengan-Pasar Kliwon ada 517 surat suara yang rusak, kemudian Dapil 2 Laweyan ada 1.903 lembar rusak. Lalu Dapil 4 Banjarsari ada 217 surat suara rusak, dan terakhir Dapil 5 Jebres ada 138 Lembar surat suara rusak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

Berita Terbaru