by

Mantan Bupati Sukoharjo Sukses Antarkan Ketiga Putranya Sebagai Wakil Rakyat

Akuntabel.id, SUKOHARJO – Mantan Bupati Sukoharjo, Bambang Riyanto, berhasil membawa ketiga putranya lolos menjadi anggota DPRD periode 2024-2029. Ketiga putranya tersebut merupakan didikan atau alumni Hambalang, Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Ketiga putranya adalah Yosua Sindhu Riyanto (34) maju di DPRD Sukoharjo, sedangkan Yanuar Sindhu Riyanto (31) dan Yudha Sindhu Riyanto (29) maju di DPRD Solo.

“Semuanya alumni hambalang, pernah dididik semua di hambalang. Tempat kawah candradimukanya Partai Gerindra,” ucap Ketua Dewan Penasehat Partai Gerindra Sukoharjo, Bambang Riyanto, Jum’at (1/3/2024).

Bambang mengaku tidak menampik jika kiprahnya di dunia politik sejak 2010 menjadi acuan bagi ketiga putranya masuk dunia politik. Bersama istrinya Titik Suprapti, mereka kerap mengajak ketiga putranya untuk mengobrol dan berdiskusi tentang dunia politik.

“Secara demokratis, kita memberikan pilihan kepada merek untuk masuk dalam dunia politik. Kita memang sering ngobrol dan diskusi soal politik,” katanya.

Bambang menceritakan, Yosua dan Yudha sudah terlebih dahulu masuk politik dan merupakan petahana. Sedangkan Yanuar baru terjun politik di Pemilu 2024.

Anak sulungnya masuk ke dunia politik sejak 2014 dan menjadi wakil rakyat termuda di DPRD Sukoharjo waktu itu. Sementara Yudha terjun ke dunia politik pada Pemilu 2019 setelah menyelesaikan pendidikan.

“Yosua itu sudah masuk politik 2014 lalu, Yudha mulai terjun 2019 lalu setelah lulus kuliah. Kalau Yanuar baru terjun 2024 ini, dulu sempat tak tawari terjun ke politik tapi minta diberi waktu untuk berpikir sebelum menjajaki dunia politik, karena dapat tawaran pekerjaan yang menjanjikan,” papar dia.

Bambang mengaku tidak masalah jika dirinya gagal lolos ke Senayan, karena usia yang tidak lagi muda. Ia pun lebih mementingkan kesuksesan ketiga anaknya daripada dirinya.

“Aaya belum beruntung karena lebih fokus pada anak-anak. Saya berpendapat anak saya tidak boleh ada satupun yang gagal, karena beban psikologis kami berat sekali jika yang jadi hanya satu atau dua,” ungkapnya.

Pada Pemilu 2024 ini, Yosua Sindhu Riyanto maju di DPRD Sukoharjo Dapil IV meliputi Kecamatan Grogol. Yanuar Sindhu Riyanto maju di Dapil II Laweyan, sedangkan Yudha Sindhu Riyanto maju di Dapil I Pasar Kliwon-Serengan.

Bambang mengakui sudah mempersiapkan anak-anaknya dengan matang. Untuk mencapai kriteria ideal anggota DPRD harus punya tujuan, kapasitas dan kapabilitas termasuk intelektualnya baik.

“Sudah kami persiapkan sejak awal. Kami tidak mau kalau nantinya mereka tidak rajin, termasuk tidak berbicara dalam rapat dewan. Pendidikan formal sudah persiapkan betul, sejak SD sudah diarahkan pendidikannya dimana tetapi tidak pernah memaksa mereka ambil jurusan apa,” jelas dia.

Sementara itu, istrinya yang juga Ketua DPC Gerindra Sukoharjo, Titik Suprapti, mengatakan tidak pernah membedakan dukungan pada ketiga putranya.

Tak jarang hampir setiap hari harus tidur pagi-bangun pagi untuk mendampingi anak-anaknya.

“Rasanya itu macam-macam, bahagia, terharu, senang. Bangga pastinya, anak-anak saya bisa maju ikut kompetisi dan sukses,” imbuhnya.

Titik menambahkan mendidik mereka semua itu untuk mewarisi kinerja ayahnya waktu menjabat sebagai Bupati Sukoharjo.

“Itu yang jadikan saya motivasi buat mereka. Harapannya mereka bisa menjadi wakil rakyat yang amanah dan harapan masyarakat. Jangan pernah lupa mereka dipilih oleh masyarakat,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru