by

Masih Pandemi, Minat Ibadah Haji di Wonogiri Tinggi

WONOGIRI – Pemberangkatan calon jamaah haji tahun 2022 masih belum ada kepastian. Padahal saat ini minat umat muslim di Kabupaten Wonogiri melakukan ibadah haji cukup tinggi.

Kepala Kantor Kemenag Wonogiri, Anif Solikhin mengatakan, animo masyarakat khususnya umat muslim di Wonogiri cukup tinggi. Bahkan, belum lama ini ada 52 orang warga asal Kecamatan Purwantoro dalam satu hari mendaftar calon jamaah haji.

Saat ini, tercatat ada 79 calon jemaah haji yang mendaftar. Sementara tahun 2021 lalu sudah ada 395 pendaftar dan di tahun 2020 ada 629 pendaftar. Sedangkan di Jawa Tengah, calon jemaah haji yang mendaftar memiliki waktu antrean sekitar 30 tahun.

“Kuota per kota atau kabupaten di Jawa Tengah juga tidak dibagi. Sebelum pandemi, kuota haji di Jawa Tengah sekitar 30 ribu jamaah,” katanya Minggu (23/1/2022).

Namun, dilanjutkan Anif, bagi warga yang sebenarnya sudah memiliki niat dan uang untuk berangkat haji, maka sebaiknya bisa segera mendaftar. Meski begitu, ada kemungkinan rombongan bakal berangkat ibadah bersama sekitar 30 tahun lagi jika hitung-hitungan kondisi normal.

Seperti diketahui, selama pandemi atau dua tahun belakangan ini, tidak ada pemberangkatan calon jamaah haji dari Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

Berita Terbaru