by

Menangkan Berbagai Kategori, FK UMS Raih Juara Umum di Ajang Forum Dekan APPKM 2023

Akuntabel.id, SURAKARTA – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil meraih Juara Umum pada acara Annual Meeting Forum Dekan Asosiasi Pendidikan Kedokteran Kesehatan Muhammadiyah (APKKM) 2023 di FK Universitas Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA).

Berbagai prestasi yang berhasil dibawa pulang diantaranya, Juara 1 Scientific Paper, Juara 2 Scientific Paper, Juara 2 Presentasi Oral, Juara 3 Presentasi Oral, Juara Harapan 1 Poster, dan Juara 2 Fotografi APKKM 2023.

Dekan FK UMS, Dr., dr., Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes, Sp.KK, Dipl., STD-HIV/AIDS, FINSDV, FAADV., mengungkapkan persiapan mengikuti acara di FK UHAMKA adalah dengan menyebarluaskan pengumuman adanya lomba penalaran (full manuscript, oral presentation, e-poster) dan non penalaran (fotografi) kepada para dosen, dokter muda, dan mahasiswa S1 kedokteran.

“Selain itu kami juga menghimbau mereka berpartisipasi aktif. Kemudian mempersiapkan tim untuk mengikuti perlombaan tersebut dengan menggunakan data-data riset yang belum terpublikasi,” ungkap Dekan FK UMS itu Senin, (4/12).

Pada awalnya, tambahnya, diumumkan bahwa untuk para peserta yang lolos seleksi administratif wajib mengikuti babak penyisihan secara online pada hari tanggal 30 November 2023. Lalu pada hari Jumat sore tanggal 1 Desember 2023, diumumkan bahwa terdapat lima peserta dari FK UMS masuk babak final lomba penalaran. FK UMS meraih 5 nominasi dari 12 nominasi lomba penalaran diselenggarakan pada hari Sabtu pagi tanggal 2 Desember 2023.

“Pada hari Sabtu malam tanggal 2 Desember diumumkan bahwa FK UMS meraih juara kedua untuk lomba fotografi, juara pertama dan juara kedua untuk lomba full manuscript, juara kedua dan juara ketiga untuk lomba oral presentation, serta juara harapan 1 untuk lomba e-poster. Total FK UMS memenangkan 6 penghargaan dalam acara Annual Meeting – Forum Dekan APKKM 2023,” paparnya,

Dekan FK UMS berharap, agar prestasi tersebut dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan di masa mendatang.

“Sebagai sekjen APKKM saya menginformasikan bahwa ketujuh peserta mendapatkan penghargaan dari APKKM berupa sertifikat dan hadiah berupa uang. Sedangkan dari kampus, prestasi mereka dimuat dalam berita website, IG, FB,” ujarnya.

Adapun rincian prestasi tersebut antara lain:
Juara 1 Kategori Full Manuscript, diraih oleh dr., Indriyati Oktaviano Rahayuningrum, MPH., dan dr., Sulistyani, Sp.N.,

Juara 2 Kategori Oral Presentation, diraih oleh Dr., dr., Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes., Sp.KK., Dipl. STD-HIV/AIDS., FINSDV, FAADV., bersama Dr., dr., Yusuf Alam Romadhon, M., Kes, Sp., KKLP., dan dr., Saiful Hidayat, beserta dr., Winda Atika Sari.

Juara 3 Kategori Oral Presentation, diraih oleh dr., Indriyati Oktaviano Rahayuningrum, MPH., dan dr., Sulistyani, Sp.N.,

Juara 3 Kategori Full Manuscript, yang diraih oleh Edgina Khairunnisa, Asyraf Naufal Kolistya, Irsya Rakhmania Kristi, Kusumasari Aulia Dana Putri, dr. Indriyati Oktaviano Rahayuningrum, MPH., dan Dr., dr., Yusuf Alam Romadhon, M. Kes., Sp. KKLP.

Juara Harapan 1 Kategori E-Poster, yang diraih oleh Dr., dr., Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes, Sp.KK, Dipl., STD-HIV/AIDS., FINSDV, FAADV., Dr., dr., Yusuf Alam Romadhon, M. Kes, Sp. KKLP., dr., Saiful Hidayat, dr., Winda Atika Sari.

Juara 2 Kategori Karya Fotografi, yang diraih oleh dr. Ratih Pramuningtyas, Sp.KK, FINSDV.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru