by

Pastikan Keamanan Pengunjung Saat Libur Nataru, Polisi di Jepara Cek Tempat Wisata

Polres Jepara – Polda Jateng – Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan bersama sejumlah pejabat utama Polres setempat meninjau kesiapan sejumlah lokasi wisata untuk menyambut perayaan tahun baru 2024 diantaranya di Kecamatan Bangsri, Keling dan Donorojo, Sabtu (30/12/2023).

Rombongan bertolak dari mako Polres Jepara menuju ke Pos Pengamanan di Keling, Kapolres mengecek personel dan kelengkapan yang tersedia kemudian menyerahkan bingkisan kepada personel yang berjaga di Pos Pam tersebut.

Selanjutnya rombongan menuju pos pantau obyek wisata yang berada di Kecamatan Donorojo dan Bangsri. Di Pos Pantau ini, Kapolres memberikan arahan kepada personel yang berjaga dan memberikan semangat.

Dalam kesempatan itu, AKBP Wahyu juga mengarahkan para pengelola objek wisata agar dapat menjaga situasi kamtibmas di lokasi wisata serta meningkatkan pengawasan pada lokasi yang dapat membahayakan keselamatan pengunjung wisata, terutama pengunjung yang membawa anak kecil dan pengunjung yang hendak bermain air laut di kawasan obyek wisata Gua Manik, Benteng Portugis hingga Pantai Bondo untuk mencegah adanya hal yang tidak diinginkan, seperti korban tenggelam dan lain sebagainya.

“Kami berharap para pengelola wisata dibawah koordinasi kecamatan dapat bekerjasama mengamankan lokasi wisata ini, karena potensi wisata disini sangat bagus, jadi kemungkinan tahun baru ini akan ramai pengunjung,” ujar AKBP Wahyu.

Selain memastikan kondusifitas keamanan, para personel yang ditugaskan pada sejumlah titik destinasi wisata juga akan melakukan pengecekan untuk memastikan kelayakan maupun fasilitas bagi pengunjung.

“Jadi nanti anggota juga akan melakukan patroli dan pengecekan ini dilakukan dengan profesional dan humanis guna memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat menjelang Tahun Baru 2024,” jelasnya.

Pengecekan ini tidak hanya dari aspek keamanan, tetapi juga aspek kebersihan, kesehatan, keselamatan dan keberlanjutan lingkungannya, seiring dengan jumlah pengunjung yang diprediksi akan terus meningkat selama tahun baru.

“Terakhir kepada semua personel yang terlibat dalam pengamanan kami berpesan agar tetap menjaga kesehatan, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah,” pungkas Kapolres, mengakhiri.

Secara terpisah, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Sri Puji Utami mengatakan, bahwa pengecekan sejumlah obyek wisata yang dilakukan oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan bersama sejumlah pejabat utama ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Seiring dengan jumlah pengunjung yang diprediksi akan meningkat selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023 ini.

“Harapannya, situasi kamtibmas di obyek wisata Kabupaten Jepara selama Nataru terjaga tanpa adanya gangguan maupun tindak pidana lain,” ujar Ipda Puji.

(hms)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru