by

Pemkot Ajak Warga Manfaatkan dengan Maksimal Infrastruktur Kota Solo

Akuntabel.id, SOLO- Pemkot Solo mengajak masyarakat memanfaatkan dengan mengisi berbagai fasilitas infrastruktur di Kota Solo. Dengan demikian, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian daerah.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa dalam Ngobrol Bareng PWI dalam rangka Hari Pers Nasional, Senin (4/3/2024), di Pura Mangkunegaran Solo. Namun demikian, Teguh menekankan jika Pemkot juga harus melakukan pendekatan yang lebih nyata kepada masyarakat.

“Salah satunya memberikan fasilitas agar masyarakat mampu mengubah hidup mereka. Sepetti jual makanan, ya dikasih shelter biar nggak jualan di jalanan. Kemudian misalnya yang jual pakaian, kita kasih mesin jahit. Ini bisa dilakukan oleh pemerintah dengan memanfaatkan dana CSR,” bebernya.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah-DIY Mochamad Soffin Hadi menambahkan, selama ini listrik menjadi pendorong utama dalam mempertahankan dan memperkuat identitas kota Solo. Selain itu, PLN juga turut andil menyukseskan berbagai pembangunan infrastruktur di Solo.

“PLN tidak hanya berperan dalam menjaga keandalan pasokan listrik, tetapi juga berkontribusi aktif dalam revitalisasi ikon wisata Kota

Solo, seperti bantuan pembenahan instalasi kelistrikan Pura Mangkunegaran dan Studio Musik Lokananta,” terangnya.

Di sisi lain, KGPAA Mangkunegoro X menuturkan secara wilayah, Solo bukan merupakan daerah yang besar. Selain itu, Solo juga tidak memiliki potensi alam, seperti gunung dan laut.

“Tapi kita punya heritage. Selain itu, Solo juga merupakan kota budaya yang luar biasa. Itu yang membuat kota ini punya soul (jiwa) di nonfisiknya. Kami kawinkan dengan industri kreatif karena kami percaya apa yang kita punya ini luar biasa. Tidak ada orang yang lain yang mengembangkan potensi ini selain kita sendiri,” ungkapnya.

Pada kesempatan sama, PWI Solo menerima bantuan berupa bibit pohon dari PLN. Ketua PWI Solo Anas Syahirul mengapresiasi pemberian bibit pohon tersebut karena sekaligus sebagai upaya untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru