by

Pimpin Upacara Dies Natalis ke-48, Plt. Rektor: UNS Harus Semakin Berkontribusi

Akuntabel.id, SOLO – Plt. Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. memimpin upacara peringatan Dies Natalis ke-48. Upacara digelar di Halaman Gedung dr. Prakosa UNS, Kamis (7/3/2024).

Dalam sambutannya, Dr. Chatarina mengucapkan terima kasih kepada bapak/ibu dosen dan tenaga kependidikan serta mahasiswa atas partisipasi dan kebersamaannya di berbagai kegiatan dalam rangkaian Dies Natalis ke-48 UNS. Dies Natalis kali ini mengangkat tema “Transformasi Pendidikan Tinggi yang Dinamis untuk Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045”.

Dr. Chatarina berpesan, di usia ke- 48 ini, semua warga UNS diharapkan untuk bergerak lebih cepat dan tepat dalam memberikan kontribusi nyata membantu pemerintah menghadapi setiap tantangan.

“Konstribusi nyata dapat dilakukan antara lain melalui tridarma perguruan tinggi yang berkualitas dan bermanfaat sesuai kebutuhan masyarakat, bangsa dan negara kita,” peran Dr. Chatarina.

Menurutnya, tantangan besar akan terus dihadapi perguruan tinggi dalam tahun-tahun ke depan salah satunya dipicu oleh adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat yang memaksa semua entitas, baik bisnis maupun non-bisnis, untuk melakukan transformasi, dan mendefinisikan kembali relevansi, model bisnis, bisnis proses dan keunggulan kompetitif mereka, tidak terkecuali institusi pendidikan tinggi. Tantangan lainnya berkaitan dengan kondisi global yang penuh ketidakpastian, kompleksitas, perubahan yang cepat dan ambiguitas yang mendorong setiap entitas untuk menjadi organisasi yang adaptif dinamis, dan fleksibel.

Oleh karena itu, penting bagi perguruan tinggi untuk dapat berkontribusi nyata bagi kemandirian dan pembangunan ekonomi bangsa melalui karya dan produk inovatif riil yang dapat diterapkan di masyarakat serta mampu memecahkan berbagai masalah di dalam kehidupan masyarakat atas pesatnya perkembangan teknologi dan kondisi global saat ini dan kedepan.

“Kita semua menyadari bahwa negara kita Indonesia akan mengalami fase dimana jumlah penduduk produktif melebihi jumlah penduduk non-produktif pada tahun 2030 yang jika dapat dieksekusi dengan baik akan menjadi suatu bonus demografi, tetapi jika tidak termanfaatkan dengan baik, berpotensi menjadi suatu bencana demografi,” terang Dr. Chatarina.

Untuk itu, perguruan tinggi memegang peranan penting dalam hal ini, karena perguruan tinggi diharapkan akan melahirkan insan-insan terdidik yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif serta memiliki semangat kebangsaan yang kuat sesuai dengan tujuan penyelenggaraan pendidikan tinggi dalam UU Dikti.

“Mereka inilah yang diharapkan akan menjadi enabler dalam mendorong pengejawantahan bonus demografi menjadi akselerasi pertumbuhan ekonomi yang berkualitas,” imbuhnya.

Oleh karena itu, perguruan tinggi termasuk UNS diharapkan mampu bertransformasi secara dinamis dan menjadi organisasi yang memiliki agilitas sehingga dapat secara cepat beradaptasi dengan perkembangan jaman dan berkontribusi yang signifikan dalam visi Indonesia Emas 2045 khususnya dalam pembangunan manusia dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Transformasi UNS harus dilakukan dengan tetap memegang prinsip Pendidikan tinggi.

Pada kesempatan ini, Dr. Chatarina juga menyampaikan bahwa proses penataan kelembagaan internal UNS, sesuai Permendikbudristek No. 24 tahun 2023, masih berjalan sebagaimana tahap-tahap yang sudah direncanakan. Dan setelah proses pemilihan MWA, akan mempersiapkan berbagai regulasi yang terkait dengan pemilihan Rektor, yang diharapkan segera selesai dalam waktu dekat ini sehingga proses pemilihan rektor segera dapat dilaksanakan.

“Kita sangat berharap dan meyakini bahwa penataan ini akan menjadi pondasi yang kokoh bagi UNS, untuk dapat berakselerasi, guna mencapai visi nya, sebagai perguruan tinggi yang unggul, di tingkat nasional dan internasional dalam kerangka mendukung pencapaian Visi Indonesia Emas 2045. Kami mengharapkan dukungan dan doa dari segenap warga kampus UNS agar penataan ini berjalan dengan baik dan menghasilkan kelembagaan UNS yang kuat dan memiliki tata kelola yang baik,” jelas Dr. Chatarina.

Sebagai penutup, semoga momentum Dies Natalis ke-48 UNS menjadi penanda, titik dimana segenap komponen UNS berkolaborasi dan bersinergi, mengakselerasi kinerja UNS dalam mencapai visi yang telah dicanangkan. Sehingga UNS tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Soloraya namun juga dapat menjadi kebanggaan Indonesia.

Setelah upacara, diumumkan berbagai pemenang Lomba. Yaitu lomba Green Campus antar Fakultas dan Sekolah Tahun 2023, Lomba Inklusi antar Fakultas dan Sekolah Tahun 2024, Lomba Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan antar Fakultas, Sekolah dan Unit Tahun 2024 Kategori Fakultas dan Sekolah. Kemudian diberikan penghargaan kepada peraih Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) Award LPPM UNS Tahun 2023, Publikasi Jurnal Internasional bereputasi terbanyak Bidang Sains Teknologi, Publikasi Jurnal Internasional bereputasi terbanyak Bidang Sosial Humaniora.

Kemudian Jurnal Terbaik bidang Sains Teknologi, Riset Grup Terbaik Bidang Sains teknologi, dan Riset Grup Terbaik bidang Sosial Humaniora. Lalu pemberian penghargaan kepada pemenang Academic Leader Tahun 2023 dan penghargaan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2023

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

Berita Terbaru