by

Polres Jepara Gelar Rapat Kordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Polres Jepara – Polda Jateng – Kepolisian Resor (Polres) Jepara menggelar rapat koordinasi lintas sektoral operasi lilin candi untuk pengamanan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang bertempat di Aula Polres Jepara, Kamis (23/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, didampingi Wakapolres Jepara Kompol Berry, pejabat utama Polres Jepara, Pasi Ops Kodim 0719/Jepara, Kepala Dinas instansi terkait, Satpol PP Jepara, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan, kegiatan Rakor Linsek dilaksanakan untuk persiapan menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah Kabupaten Jepara.

Kapolres menjelaskan, dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polres Jepara akan melaksanakan Operasi Lilin Candi 2023, rencana mulai tanggal 23 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Dimana nanti kita akan mendirikan Pos Pengamanan (Pospam) yang didirikan di berbagai titik untuk pemantauan maupun pengamanan Nataru. Rencananya kami akan mendirikan Pospam, Posyan hingga Pos Pantau yang akan ditempatkan di Mayong, Welahan, Keling, SCJ (Shopping Center Jepara) dan gereja – gereja hingga obyek wisata yang berada diwilayah hukum Polres Jepara,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Abituren Akpol 2003 ini menambahkan, untuk tahun ini pengamanan berfokus pada empat hal, yakni pengamanan jalur lalu lintas, pengamanan gereja, pengamanan jalur wisata, hingga pengamanan perayaan Tahun Baru 2024.

“Untuk fokus Nataru (Natal dan Tahun Baru) ini, kita fokus yang pertama adalah pengamanan jalur, jalur lalu lintas baik mulai dari jalur tengah, jalur utara, sampai jalur selatan. Kita juga fokus kepada pengamanan gereja yang akan kita amankan,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Kabag Ops Polres Jepara Kompol Sutono mengatakan, bahwa rapat koordinasi lintas sektoral ini perlu dilakukan untuk berkoordinasi dan menyamakan persepsi tentang cara bertindak, dengan harapan dalam pelaksanaan nantinya di lapangan seluruh instansi yang terlibat bisa bersinergi dan melaksanakan tugas dengan baik.

“Dalam pengamanan itu bukan hanya menjadi tugas kepolisian namun menjadi tugas kita bersama dengan lintas sektor bagaimana agar masyarakat kita merasa aman dan situasi wilayah dalam keadaan kondusif,” ujarnya.

Secara terpisah, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami mengatakan, bahwa dalam rangka persiapan menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah Kabupaten Jepara, Polres Jepara sendiri akan melibatkan sebanyak 210 personil gabungan Polres/Polsek.

Sedangkan untuk gabungan TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes, BPBD dan instansi terkait melibatkan sebanyak 267 personil.

“Harapan kita bersama pelaksanaan Operasi Lilin 2023 nantinya bisa berjalan dengan lancar, aman dan tidak ada insiden yang tidak kita inginkan,” pungkasnya.

(hms)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru