by

Prof Jamal Undur Diri dari Rektor UNS

Akuntabel.id, SOLO – Kabar mengejutkan datang dari kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Rektor Prof. Dr. Jamal Wiwoho mengembalikan mandat dan tugas perpanjangan jabatan sebagai Rektor UNS kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia (RI).

Dalam keterangan tertulisnya, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, menyampaikan berbagai perkembangan terjadi di UNS. Diantaranya terbentuknya Peraturan Majelis Wali Amanat (PMWA) UNS No. 1 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Majelis Wali Amanat (MWA). PMWA tersebut telah terbit dan disosialisasikan pada 8 Januari 2024 kemarin oleh Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi beserta tim teknis dari Kemendikbudristek RI.

Kemudian, proses pembentukan Panitia Pemilihan Anggota (PPA) MWA UNS periode 2024-2029 telah dimulai setelah sosialisasi PMWA No. 1 Tahun 2023.

“Sehubungan dengan hal tersebut, saya telah mengajukan pengembalian mandat dan tugas perpanjangan jabatan sebagai Rektor UNS kepada Mendikbudristek pada tanggal 16 Januari 2024 dengan berbagai pertimbangan,” ucap Prof. Jamal, Kamis (18/1/2024).

Pertimbangan dimaksud Prof. Jamal yaitu terkait dengan amanat perpanjangan masa jabatan sebagai Rektor telah Prof. Jamal laksanakan dan telah mengantarkan tahapan penataan kelembagaan sampai dengan terbitnya PMWA No. 1 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota MWA.

“Tahapan selanjutnya merupakan implementasi PMWA tersebut berupa pembentukan organ MWA dan Pemilihan Rektor yang lebih memerlukan peran dan tanggungjawab besar. Untuk menghindari pandangan dan kekhawatiran bahwa saya memiliki kepentingan pribadi berkaitan dengan pemilihan anggota MWA dan pemilihan Rektor, saya memilih sikap tidak berperan lebih lanjut dalam penataan kelembagaan di UNS,” terangnya.

Atas pengembalian mandat dan tugas perpanjangan jabatan Rektor UNS, tindak lanjut penyelesaian dan keputusan, Prof. Jamal menyerahkan sepenuhnya kepada Mendikbudristek RI.

“Semoga UNS semakin maju, berkontribusi yang signifikan dalam pembangunan bangsa dan memiliki reputasi yang tinggi di tingkat nasional dan internasional,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. We’re a gaggle of volunteers and opening a new
    scheme in our community. Your website provided us with helpful information to work on. You’ve done a formidable task and
    our entire neighborhood shall be thankful to you.

Berita Terbaru