by

Ratusan Prajurit 413 Bremoro Siap Jalankan Misi Perdamaian di Lebanon

Akuntabel.id, SUKOHARJO – Sebanyak 360 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 413/Bremoro bakal menjalankan misi perdamaian di Lebanon. Mereka akan bertugas sebagai Satuan Tugas Yonif Mekanis (Satgas Yonmek) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-R United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL).

Seremoni pemberangkatan 360 prajurit ke Sentul dipimpin oleh Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayor Jendral TNI Haryanto, di Lapangan Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro, Mojolaban, Sukoharjo, Senin (22/1/2024). Adapun lepasan prajurit kali ini menjadi urutan ke-18 sejak 2006 lalu.

“Total dengan prajurit TNI Angkatan Udara dan Angkatan Laut ada sekitar 850 personel,” ucap Haryanto.

Haryanto menyebut, seluruh pasukan akan diberangkatkan di bawah bendera Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) bersama prajurit lain dari 32 negara.

“Kami mengirimkan pasukan sejak 2006, selalu setiap tahun, itu diminta PBB. Pasukan kita memiliki prestasi yang bagus dan selalu dikenal di sana. Di sana juga ada kompetisi menembak, kemudian ada performance budaya. Secara teritorialnya pasukan kita juga terkenal,” terang Haryanto.

Namun sebelum diberangkatkan ke Lebanon mereka akan menjalani masa pratugas di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Sentul, di Tangkil, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Mereka akan diberangkatkan ke PMPP Sentul untuk dipersiapkan lagi, dilatih di sana selama satu bulan. Kemudian diberangkatkan ke Lebanon untuk mengantikan pasukan sebelumnya selama kurang lebih satu tahun,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru