by

SILAT APIK PTMA 2024: Sarana Integrasi dan Peningkatan Kompetensi Dosen dan Mahasiswa Ilkom PTMA Se- Indonesia

Akuntabel.id, SURAKARTA – Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Karanganyar (UMUKA) tahun ini berkesempatan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan kegiatan Silaturahmi Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (SILAT APIK-PTMA).

 

Kegiatan SILAT APIK 2024 ini akan diselenggarakan pada 28-29 Februari mendatang. Pada tanggal 28 Februari, Kegiatan Pembukaan dan Kongres APIK PTMA disertai workshop dan kompetisi mahasiswa akan diselenggarakan di Gedung Auditorium Mohamad Djazman UMS. Pada hari selanjutnya, awarding dan penutupan SILAT APIK PTMA akan diadakan di Edutorium K.H Ahmad Dahlan UMS.

 

SILAT APIK merupakan kegiatan yang tidak hanya dosen melibatkan, melainkan juga mahasiswa Ilkom dari seluruh Universitas Muhammadiyah dan Aisyiah di Indonesia dalam rangka membangun silaturahmi dalam penguatan pembelajaran dan kompetensi mahasiswa, penelitian, serta pengabdian kolaboratif untuk masyarakat. Kegiatan ini pertana kali dilakukan di Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) tahun 2017 lalu.

 

“Antusiasme dari dosen beserta mahasiswa terhadap diadakannya kegiatan ini cukup tinggi, diperkirakan ada sekitar 150 mahasiswa dan 200 dosen dari 35 Prodi Ilkom dibawah naungan APIK-PTMA seluruh Indonesia yang akan berpartisipasi,” ungkap Agus Triyono, M.Si selaku Ketua Panitia Penyelenggara, Rabu (21/2/2024).

 

Di tahun 2024 ini, SILAT APIK mengusung tema “Society and Communication in The Digital Era”.

 

Kaprodi Ilkom UMS Sidiq Setyawan, M.I.Kom., menyampaikan pemilihan tema tersebut dilatarbelakangi karena komunikasi di era masyarakat digital akan memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan terutama dalam pendidikan perguruan tinggi.

 

“Tema ini dipilih karena kita menempatkan society di atas teknologi digital, karena kita manusia berperan sebagai pengendali teknologi,” ujar Sidiq.

 

Dalam penyelengaraannya, akan ada beberapa kegiatan yang tidak hanya menyasar dosen Ilmu Komunikasi saja, melainkan juga para mahasiswa dan siswa tingkat SMA/SMK.

 

Beberapa rangkaian acara di antaranya, kompetisi bagi mahasiswa dan siswa SMA/SMK, yaitu diantaranya lomba fotografi, konten digital, dan e-sport. Selain itu, terdapat sesi workshop, kongres dan penandatanganan MOU kelembagaan, dan sesi awarding.

 

“Lomba ini kita adakan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi akademik dan non akademik mahasiswa,” tambah Kaprodi Ilkom UMS itu.

 

Mengingat kegiatan ini berskala nasional karena melibatkan banyak Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah seluruh Indonesia, Sidiq Setyawan mengungkapkan bahwa kegiatan ini tidak serta merta untuk kebaikan UMS saja, melainkan juga untuk seluruh PTMA yang berpartisipasi.

 

“Kami berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan bagi dosen dan mahasiswa, menjadi kegiatan yang memacu banyak kolaborasi antar PTMA, sebagai sarana penyatuan dan penyelarasan, serta memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru