by

Terobosan inovasi cegah laka, Satlantas Polres Boyolali pasang miror dibeberapa titik rawan kecelakaan

Boyolali – Dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban lalu lintas menjelang Idul Fitri tahun 2024, Satuan Lalu Lintas Polres Boyolali melaksanakan kegiatan Blackspot Therapy dengan pemasangan Kaca Tikung/Convex Mirror (Inovasi Cegah Laka) bersama instansi terkait. Kegiatan ini berlangsung di Jalan SSB (Solo Selo Borobudur) Cepogo, Boyolali (Simpang Irung Petruk Boyolali), pada Kamis (14/03/2024) siang.

Kegiatan ini dilandasi oleh beberapa regulasi, seperti UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, serta Renja Satlantas Polres Boyolali TA 2024. Hal ini juga sejalan dengan Rencana Operasi Keselamatan Candi – 2024 dari Polres Boyolali, yang bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi, melalui Kasat Lantas AKP Agista Ryan Mulyanto, menekankan pentingnya upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas dengan menggunakan inovasi seperti Blackspot Therapy. Ia juga mengajak masyarakat untuk aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas.

Fokus utama kegiatan ini adalah pemasangan Kaca Tikung (Convex Mirror) di tikungan Irung Petruk Boyolali, yang merupakan titik rawan kecelakaan lalu lintas. Tujuannya adalah untuk memberikan peringatan kepada pengendara melalui pantulan cahaya pada kaca tikung, sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan.

Personil yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Kanit Kamsel IPTU Inggit Nursinggih, Kanit Turjagwali IPTU Wienarsih, Kanit Gakkum IPTU Budi Purnomo.S.H, serta bidang Prasjal dan bidang Keselamatan dari Dinas Perhubungan Boyolali

Dampak positif dari kegiatan ini adalah terpasangnya Kaca Tikung (Convex Mirror) di titik-titik rawan laka di sepanjang Jalan Cepogo, Boyolali. Hal ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Boyolali dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi pengemudi kendaraan umum yang melintas.

Tanggapan warga terhadap kegiatan ini sangat positif. Mereka menyambut baik langkah Satlantas Polres Boyolali dalam meningkatkan keselamatan lalu lintas di wilayah mereka. Warga berharap agar Kaca Tikung ini tidak menjadi sasaran tindakan vandalisme, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara optimal.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru