by

Jamin Keamanan Selama Presiden Prabowo Kunjungi Magelang, Polda Jateng Gelar KRYD 24 Jam

Magelang – Dalam rangka mendukung kegiatan kunjungan Presiden RI, Prabowo Subianto, dan kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang yang akan berlangsung pada 24-27 Oktober 2024, jajaran TNI Polri dari Polda Jawa Tengah dan Kodam IV Diponegoro menggelar pengamanan ketat. Pengamanan ini dilakukan secara terpadu oleh TNI Polri dan dinas terkait lainnya dengan asistensi langsung dari Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo serta Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng.

Pengamanan diawali dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Rindam IV Diponegoro pada Hari Rabu, (23/10/2024) pagi. Apel yang dipimpin oleh Komandan Korem 072 Pamungkas, Brigjen TNI Zainul Bahar ini dihadiri oleh personel gabungan TNI Polri yang akan bertugas menjaga keamanan selama kegiatan kunjungan Presiden dan Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang.

Karo Ops Polda Jateng, Kombes Pol Basya Radyananda, dalam keterangannya di Magelang pagi hari ini Rabu ( 23/10/2024) menjelaskan bahwa sebanyak 468 personel Polda Jateng dikirimkan sebagai BKO untuk memperkuat Satgas Pamwil dalam Operasi Pengamanan VVIP yang berlangsung selama kunjungan kenegaraan Presiden dan Kabinet Merah Putih tersebut. Selain pengamanan yang dilakukan, pihaknya juga menggelar berbagai kegiatan kepolisian mandiri untuk menciptakan kondusifitas sitkamtibmas selama kunjungan Presiden dan Kabinet Merah Putih di Magelang.

“Untuk menciptakan situasi yang kondusif selama kunjungan Presiden dan Kabinet Merah Putih, selain pengamanan utama, kami juga melaksanakan kegiatan Kepolisian mandiri. Kegiatan kepolisian mandiri ini digelar dalam bentuk Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), yang bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kota Magelang, Kabupaten Magelang, dan wilayah Jawa Tengah secara umum,” ujar Kombes Pol Basya.

KRYD tersebut mencakup pengamanan terhadap objek-objek penting yang terkait dengan kunjungan Presiden dan kabinet, serta patroli 24 jam yang dilakukan secara terus menerus. Selain itu, petugas juga ditempatkan di strong points pada jam-jam krusial, serta mendirikan pos pengamanan yang beroperasi penuh selama 24 jam.

Sebagai langkah preventif, Polda Jateng juga menggelar Patroli Kring Reskrim, melaksanakan patroli oleh polisi wanita (Polwan) di sejumlah objek vital dan pos pengamanan. Pihaknya juga menyiagakan satuan pemukul preemtif dari Raimas Sabhara dan satuan pemukul kontijensi dari Sat Brimob Polda Jateng.

“Saat ini seluruh personel pengamanan sudah ditempatkan di Magelang,” lanjutnya.

Kombes Pol Basya menambahkan bahwa kegiatan pengamanan ini berlaku mulai tanggal 24 Oktober pukul 00.00 WIB hingga 27 Oktober pukul 00.00 WIB.

“Kendali lapangan ada di tangan Kapolresta Magelang dan Kapolres Magelang Kota, namun secara taktis pengamanan ini dikendalikan langsung oleh Kapolda Jateng dan Waka Polda Jateng,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru