by

Kemahasiswaan UMS Open Participants Komunitas Mahasiswa Wirausaha, Catat Kriterianya!

Akuntabel.id, SOLO – Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka program Open Participants Komunitas Mahasiswa Wirausaha yang dibuka sampai dengan bulan Februari 2024.

Menurut PIC, M.A Hidayah Adihaningrum, S.Pd., kompetisi tingkat universitas akan dibuka buka mulai Februari sampai dengan Maret, kemudian masa inkubasi dimulai dari bulan Maret sampai Juni, kemudian kompetisi nasional Pendidikan Tinggi (Dikti) dimulai dari bulan Maret sampai Oktober.
“Untuk pelaksanaan kami blended (gabung). Karena ada sesi yang dilaksanakan secara online dan offline,” jelas Hidayah.
Tahun ini, lanjut Hidayah, Inkubasi Bisnis akan dikembangkan lagi menjadi UMS Entrepreneur Hub. Mulai bulan Februari Kemahasiswaan akan merilis alumni-alumni yang pernah mengikuti kompetisi wirausaha di UMS dan akan membuka Kompetisi Tingkat Universitas, yaitu Program Inovasi Kewirausahaan.
“Kami juga mengumpulkan alumni-alumni wirausaha yang akan kami siapkan untuk menjadi mentor untuk adek-adek mahasiswa,” tambahnya.
Inkubator Bisnis adalah wadah yang digunakan untuk pengembangan wirausaha mahasiswa di UMS. Mahasiswa yang mendaftar kompetisi wirausaha tingkat universitas akan diinkubasi selama 4-5 bulan untuk mempersiapkan mengikuti lomba Dikti atau mengembangkan dan memperluas cakupan usaha yang dimiliki baik yang sudah berjalan maupun usaha rintisan.
Open participant Komunitas Mahasiswa Wirausaha adalah program yang ditujukan untuk menjaring mahasiswa yang memiliki minat dalam pengembangan usaha maupun untuk mendalami usaha.
“Sebelumnya kami sudah ada komunitas mahasiswa wirausaha, tapi banyak yang sudah alumni, sehingga kami membuka kesempatan untuk mahasiswa aktif UMS yang ingin bergabung dan mendukung pengembangan wirausaha di lingkungan UMS,” tambah Staff Kemahasiswaan UMS itu.
Peluang kegiatan yang nanti dapat diikuti oleh mahasiswa yang mengikuti program tersebut, antara lain adalah pengembangan skill wirausaha, berkesempatan mengikuti lomba Dikti, berkesempatan menjadi mentor wirausaha (dengan syarat), pendataan mahasiswa yang memiliki usaha di Prodi atau Fakultas, dan melaksanakan kegiatan yang berkaitan tentang pengembangan usaha di lingkungan UMS.
Untuk teknis pendaftarannya, mahasiswa bisa langsung mendaftar melalui laman https://bit.ly/3TQ758U kemudian akan dilakukan wawancara dan akan dimasukan ke grup komunitas wirausaha UMS. Kriteria participant antara lain adalah mahasiswa aktif UMS dan bersedia berkolaborasi dalam pengembangan Inkubator Bisnis UMS.
Harapan Hidayah dengan adanya komunitas wirausaha di UMS ini dapat meningkatkan jumlah mahasiswa yang berminat, menekuni dan memulai mengembangkan usahanya. Program-program yang disiapkan oleh UMS E-Hub juga dapat menjadi jembatan mahasiswa untuk mengikuti kompetisi dan membuka usaha-usaha baru.
“Karena jumlah mahasiswa dan alumni UMS yang berwirausaha menjadi target capaian UMS dalam penilaian akreditasi, kami berharap seluruh civitas akademika UMS dapat membantu dan mensupport kegiatan – kegiatan mahasiswa dalam pengembangan wirausahanya,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 comments

Berita Terbaru